Selasa, 15 November 2011

un bahasa indonesia

sebenernya bingung mau nulis artikel apa, kalo di sekolah tuh gak dapet inspirasi banget. bahasa indonesia masuk ke ujian nasional itu sih hal yang wajar. secara kita tinggal di Indonesia jadi ya gak masalah kalo ada ujian buat mata pelajaran ini. tap walaupun bahasa indonesia adalah bahasa resmi di indonesia, saya belum pernah denger ada anak sekolah mau smp atau sma tuh dapet nilai un bahsa indonesia itu 10. padahal kan itu bahasa yang setiap hari kita pakai. kebanyakan nilai un bahasa indonesia itu paling tinggi 9,8. sampe sekarang saya masih bingung sama penyebab belum adanya nilai un bahasa indonesia itu belum bisa 10!!!!!
mungkin secara praktek bahasa yang kita pake sehari" itu kan bahasa yang gak resmi. mungkin itu bisa jadi salah satu faktor penyebabnya. emang sih buat anak smk pelajran bahasa indonesia kurang diprioritaskan daripada bahasa inggris. apalagi kalo smk pariwisata, gak mungki9n banget kan kalo ada guest dari luar negeri mau dari eropa, cina atau mana gituh, yang pasti dari luar negeri, kita ajak berkomunikasi pake bahasa indonesia. buat sehari-sehari bahasa indonesia emang bahasa yang gampang. tapi kalau ujian, eh jangankan ujian ulangan harian aja masih banyak yang remed. mungkin salah satu hal yang bisa mengurangi hal" seperti di atas adalah penggunaan bahasa indonesia yang baku untuk sehari", tapi untuk awal" bakalan terasa aneh, tapi kalo terbiasa juga asik.


waktu ulangan harian bahasa tentang penulisan yang benar antara sendal sama sandal aja mayoritas anak kelas saya aja pada salah, kata bu Zuriah, guru bahasa indonesia yang setia nemenin anak 3APH1 selama 3 tahun ini menjawab SENDAL, tapi mayoritas dari anak 3aph1 jawabnya sandal, jujur saya sendiri aja masih bingung yang bener yang mana, tapi karena bu Zuriah adalah guru bahasa indonesia yang jago abisssss, jadi ya kita nurut aja, secara dia juga udah liat di kamus besar, masa mau adu argument sama orang yang udah punya bukti yang kuat. Jadi menurut saya kalo ada un bahasa indonesia ya wajar aja and termasuk hal yang sulit pada saat un dapet nilai 8 koma sekian, sebenernya kalo kita teliti and konsentrasi dalam baca soal, dapet angka 8 koma bahkan 9 koma ataupun gak mustahil kita dapet 10 untuk bahasa indonesia. kebanyakan yang buat gak teliti dalah males baca bacaan yang panjang" kayak rel kereta api, ya kalo bahasanya gak berat", tapi klo dah berat" ditanyanya hal" yang sepele, itu yang buat males.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar